Wednesday, November 21, 2012

Real Adventure with Real Car !!

Hei whats up?????
(kaga ada yg jawab geb, tolol)


Yow ane kali ini entah kenapa kegatelan tangan pengen nulis blog tentang Real Car , ada yang ngatain the Real Car adalah yang bisa melaju cepet banget kayak Jet, ada yang pengen Kemewahan, ada yang buat petualangan.. petualangan?? adventure???.salah satu alasan yang ane suka, Real Car buat Adventure.

kenape ane pengen adventure? ane punya alasan. Melihat kondisi alam Indonesia yang bisa ane katakan sangat "WAW!!" dengan pesona dan kulturnya yang beraneka ragam, enakan bagi kita warga Indonesia daripada liburan mewah kaga ada manfaat enakan adventure, betul tidak?? (LO HARUS NGAKU INI BETUL !!!#pemaksaan)

Oke, selain itu, alasan utama ane memilih Adventure antara lain karena petualangan bisa ngebangkitin jiwa muda ane (emang yang tua kaga bisa ikutan?? *lol) dan sekaligus bisa menjelajahi hal indah yang tersembunyi di Indonesia sehingga ane bisa mencintai Indonesia (SOEMPAH PEMOEDA). Lagian, dari fakta yang ada, Indonesia tu serunya adalah Adventure, bahkan orang luar negeri ke Indonesia tujuannya Adventure.. so?? lu mau kalah ama orang asing???.

Hemm, beralih ke adventure, pastinya ada berbagai pilihan, nah berhubung Indonesia suka hujan dan jalannya gila gilaan (Off Road beibeh), maka ane pasti kaga milih Adventure pake motor, becak, bajaj, sepeda karena kehujanan. apalagi naik TAFAK (tapak a.k.a Jalan Kaki) sedangkan adventure pake pesawat terbang sama aja ga Adventure (kecuali kalo pesawat mau jatuh baru The Real Adventure = Koit).

Jadi Pilihan Ane adalah "REAL ADVENTURE WITH CAR" !!!

Nah kan udah dipilih pake mobil ne, tinggal mobil apa yang cocok..
pake mobil sedan, ga mungkin.. 
mobil truk, dikira ngangkut mayat !!
ambulan?? dikirain Dokter Bidan keliling
nah pertanyaannya? pake mobil apa ???

dari hasil searching sampe meledak laptop ane (bohong !!), akhirnya ane mendapatkan mobil yang Tepat buat Adventure.. naah ini diaaa !!!!






alasan kenape ane milih Daihatsu Terios?? bukan karena ane kerja di Daihatsu.. bukannn !! ane cuma tukang ngamen biasa.. 

Tapi karena ni mobil udah diuji ketahanannya oleh tim Terios 7-Wonder  dengan membelah Sumatera dari Jakarta sampe Sabang !!  melewati rute yang Muke Gile Beratnya ada tanjakan terjal, turunan, mendaki Gunung Lewati Lembah, dan berbagai rute berat lainnya ternyata di sikat abis ama tim 7 Wonder pake Daihatsu Terios dengan mesin yang juga Muke Gile Performanya (3SZ-VE DOHC VVT-I 1.495cc)


oke.nah daripada ane di cap sebagai tukang jual obat, jadi ane kasi reviewnya tentang gimana petualangan sodare sodare Se Indonesia ane ber- Real Adventure ngejelajahi Sumatera plus ngopi di 7 spot di sumatera serta liputan mereka tentang ke-Muke Gilenya Daihatsu Terios dan Keindahan alam Indonesia...

seperti yang udah ane jelasin, tim Daihatsu 7-Wonder adalah tim yang berpartisipasi dalam acara Adventure dengan tema Terios 7-Wonder Sumatera Coffee Paradise. Dari temanya aja udah ketahuan bahwa tim ini melakukan Adventurenya bersama 3 Unit Mobil Daihatsu Terios sekaligus Ngopi di 7 Coffee Paradise yang ada di seluruh Sumatera. Tim ini akan  menjelajahi Sumatera dari Bakauheni hingga Nol Kilometer Sabang sejauh 3.657 km selama 15 hari, 

Lokasi Nol Kilometer ini udah jadi rute wajib ane ketika pulang kampung ke Sabang jadi ane terkejut juga ternyata ni mobil mampu juga kaga ngos-ngosan mampu ngelewatin 3.000 km ditutup dengan rute ke Nol Kilometer Sabang.. apa kaga muke gile tu Mobil???


nah, kaga usah kecepetan kita ngebahas sampe ke Sabang dulu, kite bahas gimana mereka ber- Adventure dan berhasil ngejadiin Terios sebagai the Real Mobil Sahabat Petualang


Hari Pertama tim ini dan juga mobil Terios Muke Gilenya diawali pas mereka turun di pelabuhan Bakauheni dari Jakarta, dari pelabuhan itu, tim langsung menuju (a.k.a Tembak Langsung) ke Lampung sejauh 300 Km. Nah tim ini melaporkan langsung dari TKP bahwa karena jalanan mulus, ni mobil mulai ber-Muke Gile dengan langsung tancep gas hingga kecepatan 120 Km/h. kuenceng juga ni bisa ane pake ni mobil Terios untuk adu Ngebut ama mobil Polisi (Cekidot!!).

Setelah sarapan juga buat ngisi bensin (perut) tim, mereka bergerak ke Liwa, Lampung dengan mendaki Bukit Kemuning, nah disini tu mobil Terios Muke Gile mulai diuji dengan jalanan mendaki dan menurun dengan tajam sehingga tim harus gonta ganti persneling. ternyata ni mobil terios tetap Muke Gile..


Sampe di Liwa, tim mulai mengunjungi tempat produksi Kopi yang terkenal hingga luar negeri.. wewww !!, kopi yang ada disini menurut yang punya tempat, M Khodis, kopi ini tersedia beraroma Gingseng dan beraroma Pinang serta memiliki banyak khasiatnya. ga cuma itu, karena ngebet mau ngeliat wondernya Indonesia dibidang kopi, tim langsung melihat proses pengolahan hingga penyajiannya. kaga tanggung-tanggung, sangking cintanya (atau ketagihan kopi) maka tim rela nyium aroma kopi ini..hahaha (kalo kepengen, beli 40 Kg)

Penampakan Coffee Paradise 1 Danau Ranau

Danau Ranau yang Muke Gile

Dari Liwa, tim langsung bergerak ke Danau Ranau dengan Terios Muke Gilenya.. melewati medan yang teramat Muke Gile (a.k.a Berat) akhirnya tim nyampe juga di Danau Ranau untuk menikmati Kopi Luwak di pagi hari. bisa ngebayangin damainya nyeruput kopi luwak di pinggir danau dipagi hari.. Muke Gile + RealAdventure. Bahkan kalo bisa sekalian Inner Peace !!.. 

Oia tentang Kopi Luwak, ente pasti tau semua (kalo kaga tau, search di google) tapi di Aceh, Emak ane ngeplesetin ini kopi jadi Kopi Luwat (Luwat = Jijik). tapi entah kenape, ane suka ama kopi Gayo dan Kopi Ulee Kareng karena emang tiap pagi, wajib nyeruput tu kopi (budayanye Orang Aceh sih gituan)

dari danau muke gile (sebut Danau Ranau), tim langsung ber Adventure ke Kota Lahat untuk nyeruput kopi yang disajikan oleh Orang nomor satu di Lahat, H Saifudin Aswari Riva'i SE yang ternyata juga pake mobil Daihatsu Terios Muke Gile sebagai kendaraan dinas.. wah semakin Muke Gile ni mobil.. 



Dari Kota Lahat terus bergerak ke Pagaralam. pas berjalan menuju Kota Lumbung Padi ini, jalanan udah mulai Bermuke Gile, dengan jalanan hampir sama dengan kondisi off road (tanjakan terjal, lalu turunan landai), menuntut Terios Muke Gile yang penuh muatan berakselerasi. tenyata apa yang terjadi sodara sodara?? 

Terios Lulus Uji di jalan ini.. Muke Gile..



Oiya gimana dengan tim 7-wonder?? apa masi muke gile?? ternyata tetap Muke Gile setelah nyeruput kopi di Pagaralam sehingga kondisi Bensin Dan Oli anggota Tim tetap Terjaga untuk ngadepin The Real Adventure.

Di Pagaralam, ternyata ada juga jalanan bertipe Light Off Road, sehingga kembali lagi mobil Muke Gile kita, Daihatsu Terios beraksi untuk melahap tu jalan sampe ga bersisa (bukan Dimakan!!)..ditengah-tengah Ber-adventure a.k.a Bermuke Gile, tim mengunjungi Hotspot Kopi alias Coffee Paradise-nya Pagaralam serta ngeliatin Prosesnya.. Acara Ditutup dengan menuju ke pinggir sungai untuk makan siang..

Pinggir sungai??, Pasti ada Sungai !!
gimana ngelewatinnya??
  

ternyata dengan Ground Clearence yang tinggi, Terios Muke Gile dapat ngelewatinnya. bayangin kalo elu ber-adventure dengan mobil sedan???? pasti NGOP (bhs Aceh = tenggelam)










Dari Pagaralam, tim lalu pergi ke Kabupaten Empat Lawang (Tebing Tinggi) sebagai Coffee Paradise ke empat dengan melewati jalan sempit, terjal, berliku-liku, dan tentunya Muke Gile. akhirnya berhasil ditembus sejauh121,6 km dengan estimasi waktu sekitar 3 jam, dan apa selanjutnya?? ya ngopi lagi di tempat pengolahan kopi milik Pak Anang Zairi, dengan kopi yang unik khas Empat Lawang dengan perpaduan kopi Arabica dan Robusta. apa rasanya?? Muantaap !!

Coffee Paradise 4, Empat Lawang

Pemetik kopi



nah, dari Empat Lawang, tim bergerak ke Desa Talang dengan medan light off Road.. (muke gile !!), dengan tujuan gak lain untuk nyeruput kopi, 

Dari Desa Talang, tim lalu menuju ke  Curup – salah satu sentra penghasil kopi di daerah Bengkulu melalui Kepahiang. Jalanan berkelok-kelok naik dan turun juga membuat si Muke Gile kayanya lagi menari walaupun kaga nari patah patah atau nari gaya itik. Jalanannya relatif sepi namun sempit. Pemandangan alamnya sungguh menyejukkan mata (MUKE GILEEEE!!!)


Coffee Paradise 5, Curup - Kepahiang

Kopi Rakyat, Mesin merakyat. harga pasti Rakyat

nah apa lagi laporan mengenai ini mobil?? tim ternyata ngupdate beritanya tentang kemampuan mobil muke gilenya (Terios)

"Mesin berkapasitas 1.500 cc yang membekali Terios ternyata masih cukup andal. Pun demikian dengan suspensinya. Beberapa kali Terios kejeblos di lubang jalan, namun tak ada masalah berarti. Akselerasi di tanjakan maupun ketika menyalip kendaraan di depannya baik yang memakai girboks matik maupun manual tetap terasa bertenaga.
Tetapi lagi-lagi, pemakai Terios harus jangan segan memindahkan tuas dari D ke D-3 maupun 2. Bahkan di tanjakan yang terjal agar tak ngempos tenaganya perlu dipindah lagi ke posisi L. Tanjakan dan kelok-kelokan ini ternyata terus mewarnai sepanjang jalan sebelum tim 7 Wonders memasuki kota Bengkulu."

Muke gileee !!!
  
Kegiatan di Bengkulu 

Di Kota Bengkulu, tim juga sempatin makan-makan, ngopi, dan juga menuju ke Rumah Bung Karno dan ibu Fatmawati sebagai objek wisata kota rafflesia ini, ga cuma itu, Tim 7 Wonder ternyata anak yang Soleh dengan memberikan bantuan bagi  Posyandu dan juga UKM.

Ada lima Posyandu yang menerima bantuan adalah Anak Bangsa, Mekar Sari, Damai, Flamboyan dan Candra. Sedangkan UMKM yang mendapat bantuan adalah Tiara, Ikan Pais “Ibu Jumi”, Jepara Maju, Keripik Ikan EZ dan Kopi Bubuk Mandela. benar benar anak soleh tim adventure ini

ga cuma itu, ane ngeliat tu mobil tangguh juga di medan Pantai Panjang, Bengkulu, bukan karena medannya tapi Durability tu mobil yang tega terkena hawa garam dari laut. bayangin kalo mobil lu disitu trus dibawa adventure tanpa dicuci, pasti kena karatan dan akhirnya.. lu nyampe di Sabang cuma pegang Stir. tapi Terios Muke Gile tidak bermasalah dengan kondisi ekstrim ini.. memang Muke Gile !!!




yowww. udah ditahap ini. nah baru ditambah lagi dengan yang namanya UJI KETAHANAN !!!!
 

 

ketika tim berangkat ke Bukittinggi melalui Muko-Muko, track yang dilalui udah mulai keras dengan perpaduan tikungan licin dan tajam, jalanan agak rusak akibat gempa dan dilindas truk, cuaca pun 35 Celcius (Neraka Bocor), dengan SPBU yang minim, namun ini mobil Terios Muke Gile tetap nyantai ngadepin track yang berat dengan performa yang tetap muke gile (stabil)., malah yang gak stabil adalah anggota 7 wonder yang kalah Muke Gilenya dengan mobil karena ada yang terserang Flu..








Mobil Terios Muke gile pun berhasil ke Coffee Paradise 6, Mandailing Natal yang ternyata bermedan Off Road karena memang lokasi yang disambangi oleh tim 7 Wonder merupakan lokasi terpencil, namun tetap masih bisa dilibas Terios Muke Gile ini, Di kota ini, tim 7 wonder menyantap Kopi di Gelas batok sekaligus mengunjungi perkebunan kopi Arabica tertua di indonesia (sejak 1699)

  lanjut lagi, Terios Muke Gile menuju ke Medan melalui Rute light Off Road yang muke gile, gabisa diraguin lagi kalo Terios ini mampu ngelahap seluruh track yang ada, walaupun pada perjalanan berat yang dialami tim karena jalanan berbatu, namun suspensi Terios tetap stabil. perjalanan tetap dilanjutkan namun ditengah-tengah perjalanan, ada Terios yang slip di tikungan menjelang Taruntung, Lampu Pecah, penyok, ditambah lagi ada Terios lain yang ngalamin gangguan pengereman, biasa karena pake tromol di belakang jadi macet (ane ngalamin juga naek motor di Banda Aceh pas lagi hujan, ngerem kadang-kadang ngadat). tapi itu bukan berarti Terios kehilangan Muke Gilenya, tetap berMuke Gile karena walaupun bukan kategori 4x4, tapi bisa ngelindes jalanan Off Road sekaligus. Muke Gile


Dari Medan dan juga setelah perawatan rutin di bengkel dealer resmi Daihatsu Medan, tim 7 Wonder mulai memasuki kota Langsa terus menuju ke Coffee Paradise terakhir  di Takengon untuk menyeruput kopi Arabica khas Takengon. ga cuma itu, si Terios juga menyeruput Track off-road Oregon bersama dengan penggemar 4x4 wd. apa yang terjadi?? Terios tetap Muke Gile.. 

Coffee Paradise 7, Takengon 

Pemandangan danau Laut Tawar, rasain aja Lautnya kaga asin

Setelah dari Takengon, tim 7 Wonder menuju ke Banda Aceh, di jalanan ini ane rasa ga ada masalah karena mobil sedan juga bisa ngebut karena kondisi jalan Banda Aceh- Medan udah lebih luas dan ga ada lubang apapun kecuali di pegunungan Seulawah yang mungkin butuh kehati-hatian karena banyak memakan korban di tikungan tajam setelah melewati Saree.. 

Oke Tim paginya bergerak ke Sabang menggunakan kapal Ferry (ane rasa KMP BRR). setelah berada di Balohan, Sabang, tim langsung nembak ke tugu Nol Kilometer dimana titik perhitungan luas Indonesia dimulai dari tugu yang penuh dengan monyet dan babi hutan ini. tepat pukul 12.48 WIB (24/10), tim sampai ke Tugu Nol Kilometer disambut oleh petingggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) antara lain, Amelia Tjandra, Rio Sanggau, Elvina Afny, Guntur Mulja dan beberapa wartawan nasional dari Jakarta yang diajak khusus menyaksikan peristiwa bersejarah ini. Anggota tim 7-Wonders yang Soleh, pemberani dan Muke Gile terdiri dari Tunggul Birawa (leader), Insuhendang, Bimo S Soeryadi, Ismail Ashland, Aseri, Toni, Arizona Sudiro, Endi Supriatna, Enuh Witarsa, David Setyawan (ADM), Rokky Irvayandi (ADM) mendapat ucapan selamat dari yang hadir di tugu “Nol” Kilometer.
Tim 7 Wonder di depan Kilometer Nol, penampakan Monyet atau babi kaga keliatan


Nah berarti, udah 3.657 km selama 15 hari Terios Muke Gile kita berjalan dengan Track yang berat. woww. tangguh

Nah, mungkin lu pada matanya bosen ngeliat teks yang panjang ini. jadi ane rangkumin bagi orang yang cepet scroll mouse ke bawah :


- Daihatsu Terios terbukti SUV Tangguh (Muke Gile) dengan melewati berbagai medan berat sejauh 3.657 Km dari Sunter menuju Sabang bersama tim Terios 7-Wonder. ini Fakta !! bukan Iklan.

- tim 7-Wonder berhasil mengungkap Kopi terbaik Indonesia di 7 Coffee Paradise  di Sumatera meliputi Liwa (Lampung), Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Curup –Kepahiang, Mandailing Natal dan Takengon.
-jadi menurut ane, Mas -Olen, the Real Car for the Real Adventure is Daihatsu Terios, karena nyaman, penumpang bisa lebih banyak, namun tetap tangguh. High Recommended dah !!

Nah, demikian ulasan ane soal The Real Car buat The Real Adventure dan juga rekomendasi ane tentang Real Car ane yang bisa juga ane sebut Mobil Sahabat Petualang. dan gak lupa juga menampilkan tempat-tempat yang Muke Gile buat Adventure. dari ulasan ane yang mungkin banyak ngelihat pada performa Terios dan cenderung ngiklanin produk. but its wrong man. karena yang ane ulas adalah suatu Mobil yang bisa menjadi Sahabat Petualangan ane kelak karena performanya dan kenyamanannya yang Muke Gile.

Bagi yang ingin ngebahas The Real Sendal (Jalan Kaki) buat The Real Adventure sejauh 3.000 Km, maaf, ane kaga mau ngulas kecuali ente mau jalanin tu Adventure..

sampai jumpa di blog yang selalu melaporkan apa yang bisa dilapor