Saturday, April 2, 2011

Flash back masa kecil. Sepeda (part 1)

        Gw akhir-akhir ini ngeliat orang bersepeda di seputaran kota banda aceh termasuk gw ngeliat temen gw yg dulu naik sepeda. Dy ngeliat gw tapi pas gw tegor, dia buang muka..maklum penyakit sombong dan sok mulai mendera di kota ne kecuali kalo lo kaya atau lo cakep? Lo bakal dipeduliin..aneh ni kota..

         Teringet ama sepeda, gw jadi teringet masa kejayaan gw naik sepeda di beautiful island. Sabang.
gak tau sabang????tanyain om google :P

Pertama kali gw bisa sepeda adalah pas gw pinjem dari tetangga sebelah rumah, namanya wak kasim krn gw emang belum bs bawa sepeda jadi minjem. Gw tiap hari belajar naik sepeda di belakang mussolla atau istilah bahasa acehnya “meunasah” karena sabang berbukit-bukit, jadi di belakang mussolla tu ada tanjakan sekitaran 200 meteran. Gw manfaatin keadaan ne.

 Dengan sepeda gunung yang tinggi dang gw yang sangat pendek pada saat itu, gw dorong tu sepeda ke atas puncak bukitnya. Walaupun lelah dan dibawah terik matahari, gw terus berjuang. Abis dari atas, gw naik, injek pedal dan dayung dengan kecepatan tinggi krn nurunin bukit, celakanya, tu sepeda remnya kagak ada, dan beberapa kali muka gw menghantam tembok mussolla yang tepat menjadi “end of route” dari bukit tu. Tapi gw kagak nyerah
                
Ada sekitar 5 hari gw ngelakuin hal yang sama, setiap pulang sekolah, ambil bahkan nyuri tu sepeda, trus naik dan bruuummm, bruaaakkkk !!..pada suatu hari, hari kelima, gw dengan muka udah gak berbentuk lagi, gw naik lagi dan turun dan ternyataaaa!!
                “Gw bisa bawa Sepedaaaaaa”

Amazing, gw dengan nyantai genjot pedalnya tanpa terjatuh sedikitpun. Lalu dengan rasa bangga, gw keliling kota bawah sabang yang di dominasi dengan pabrik es dan pelabuhan sambil nyiul2 kegirangan. Gw genjot terus sampe mau menjelang magrib bareng temen2 gw yg udah bisa sepeda.

               
Keesokan harinya, gw mulai nekat, setelah nonton CNN drumah (di sabang ga ada yang namanya siaran tv pake antena atau free on air)
tentang motor yang ngeluarin asap. Gw buat suatu eksperimen. Gw ambil bungkusan rokok di warung wak kasim (yang punya sepeda) trus ngambil korek api yang biasa wak pakai buat ngebakar tungku kopi (kalou lo pernah ke aceh, pasti tau gimana cara buat kopi khas aceh), lalu gw mengadakan langkah2 berikut :

                Langkah 1, gw lipat2 tu bungkusan jadi berbentuk corong panjang
                Langkah 2, gw iket tu corong di belakang sepeda
                Langkah 3, gw bakar deh
                Langkah 4, gw genjot sepeda

Ketololan ini mengakibatkan sepeda gw timbul asap pekat seperti asap knalpot sepeda motor, dengan girang gw keliling pake tu sepeda dengan bersiul-siul, tapi apa yang terjadi??gw di kejar ama wak kasim.

Ya lo bs bayangin kalo gw gak dikejar, otomatis gw bakal jadi sate manusia berjalan..